Senin, 16 Juli 2012

Tips Bagi Penderita Bell’s Palsy

Alhamdulilah setelah sekitar 1 bulan menderita penyakit bell’s palsy/ BP (wajah lumpuh separo), saya sembuh ^^. Berikut ini adalah hal-hal yang saya lakukan dalam rangka mempercepat penyembuhan penyakit te rsebut :
1. Berdoa kepada ALLAH SWT
2. Pergi ke dokter syaraf
3. Minumlah obat dari dokter syaraf secara teratur
4. Control ke dokter bila obat sudah habis.
5. Mengompres bagian wajah yang terkena BP sesering mungkin. Minimal 3 kali sehari. Pengompresan bisa dilakukan dengan handuk yang dibasahi air. Apabila malam hari, bias menggunakan botol yang diisi air hangat kemudian ditempelkan wajah yang terkena dan di bawah telinga.

6. Mengurut wajah yang terkena dengan lotion atau minyak urut. Pemijatan dilakukan menggunakan 4 jari (rekatkan jari kelingking, manis , tengah dan telunjuk) dengan cara :
    A. Mengurut dari alis kearah atas(untuk melatih alis)
    B. Berusaha memejamkan mata,meski tidak bisa rapat, bantulah dengan keempat jari itu lalu        urutlah kearah telinga.
    C. Mengurut dari dagu kearah atas telinga.(berguna untuk merangsang bibir, hidung, pipi, alis, dan kelopak mata) Pengurutan harus dilakukan sambil bercermin supaya wajah simetris.
7. Senam wajah dengan menggerak-gerakan bagian wajah yang kaku seperti menaikkan alis, memejamkan mata, nyengir, mengendus-endus, tersenyum,dan cemberut. Senam wajah ini, dilakukan sambil bercermin dan dilakukan apabila sudah 3 hari menderita BP. Kamu harus bersabar dan melakukannya sambil bercermin meskipun wajahmu terlihat tidak simetris. Tidak usah takut, kalau perlu kamu harus sangat dekat dengan cermin, supaya bias melihat perkembangan gerakan bagian wajah kamu. INGAT!!!SEDIKIT GERAKAN ADALAH PERKEMBANGAN DARI KESEMBUHAN KAMU!!!tidak usah takut (padahal dlu saya juga sangat takut..hehehe.. apalagi saat bercermin, rasanya cermin itu mau aku banting…hehehehe ^^)
8. Menjalani fisioterapi di RSU(lebih baik dilakukan apabila sudah menderita BP sekitar 1 minggu). Bila ingin menghemat biaya,fisioterapi tidak usah dilakukan. Yang penting pijat, kompres, and uap di rumah tetepjalan terus.
9. Menguapi bagian wajah yang terkena BP dan telinga (karena pusat virus atau penyebab BP terletak di bawah telinga)minimal 3 kali sehari kalau bias sesering mungkin. Bisa dilakukan dengan cara A. merebus air panas, kemudian arahkan wajah yang terkena ke uap air yang sudah mendidih. Jaga jarak dengan panci kira2 wajah hangat dan nyaman, jangan sampai terlalu panas B. menguapi wajah dengan magig jar
10. mengunyah permen karet sesering mungkin. Tiup permen karet itu meski pun wajah jadi keliatan miring.
11. Kumur-kumur dengan air hangat sesering mungkin, kumur terus meski air yang dikumur tumpah tidak karuan
12. Menutupi wajah dengan slayer/ masker dan helm apabila bepergian dengan motor. 13. Makan dan minum yang mengandung gizi, jangan takut untuk makan karena tidak ada pantangan bagi penderita bell’s palsy. gizi yang masuk dalam tubuh kamu juga bisa mempengaruhi proses penyembuhan. 14. Berlatih meniup dengan balon.
 15. Meminta maaf kepada orang sekitar/orang yang menurut kamu,kamu pernah berbuat salah padanya.
16. Meminta doa dari orang sekitar, terutama orang tua. Demikianlah sedikit tips yang saya berikan bagi anda yang sedang menderita Bell’s palsy.

Bisa di share ke kerabat atau teman atau kenalan anda yang sedang menderita penyakit tersebut. Mudah mudahan bermanfaat. Jangan takut dan jangan putus asa. Yakinlah kepada ALLAH SWT bahwa segala penyakit itu ada obatnya. Yang diperlukan adalah kesabaran dan keuletan (apalagi saat memijat dan senam muka dengan bercermin, harus sabar melihat muka yang asimetris). Bila anda kurang jelas bisa sharing dengan saya di nomor hp / wa 085642266776 atau pin bb 578d9e61.^^

89 komentar:

  1. wah... info yg bermanfaat bro. gw lg kena bell palsy nih. udah hari ke 3 cmn melakukan pijit sm air hangat. tp hasilnya blm ada :((
    pas penguapan air hangat diwajah kira kira berapa menit-an yah? thx :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak pernah saya meniti tapi mgkin sekitar 1-3 menit,,..

      Hapus
    2. oh iya,, memang penyakit ini penyembuhannya lambat,, satu minggu aja wajah masih keliatan sama,kayak tidak ada perkembangan,mgkin ada perkembangan tapi cuma sedikit,namun syukurilah perkembangan itu ,, tapi kalau sudah jalan 2 minggu insyA ALLAH perkembangannya sudah mulai keliatan. yang penting selalu bersyukur, jangan putus aSa, jangan menyerah, dan jangan lupa berdoa ^_^

      Hapus
  2. makasih ya, info nya bagus bgt, 3hri yg lalu aq kena bells palsy, trus pegi ke dokter syaraf, aq bingung jngn banyak gerak atw malah hrus bnyak gerak, tp skrng aq dah ga bingung... kapan" aq telp untuk sharing, mudah"an berkenan... hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mgkin balasan saya terlambat,krn saya dah lama nggak buka blog ini.no hp yang dulu tercantum di atas itu dah nggak aktif, tapi sekarang dah tak revisi mjd nomor hp / wa 085642266776 atau pin bb 578d9e61.itu yang aktif. kamu dah sembuh belum?? semoga dah sembuh ya ^_^

      Hapus
  3. terima kasih infonya, sudah 5 hari ini saya merasa terkena bell's palsy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah membaca blog saya, semoga bisa membantu , n semoga lekas sembuh ^_^

      Hapus
  4. sedikit share...yahh... coba di akupuntur deh...sangat nyaman dan terasa efeknya, insya Alloh segera sembuh...
    jangan lupa juga untuk terus menjaga wajah tetap hangat, proses penyinaran dgn infrared bisa dilakukan dirumah...
    oke..guysss selamat berjuang,, SEMANGATT..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ikhtiar menempuh jalan yang mana saja, yang penting tetap semngat dan selalu semangat..insya ALLAH semua penyakit ada obatnya ^_^

      Hapus
    2. Saya jg lagi kena hp ududa sebulan lebih,Uda agak mendingan seh cuma mulut Masi mencong.. info donk akupuntur di Pontianak yg bisa menangani BP

      Hapus
  5. Saya sudah 4 minggu terkena bellpalsy sudah ke dokter dan menjalani terpai selama 5 hari berturut- turut. Sekarang sudah ada kemajuan yang signifikan, saya sudah bisa mengedipkan mata walau masih agak lambat dibandingkan sisi kiri yg sehat, sudah bisa mengangkat alis dan tersenyum. Seminggu kemudian saya kembali k dokter saraf untuk kontrol tapi katanya harus d terapi lagi setelah itu 2 minggu kemudian d terapi lagi lalu sebulan sekali begitu seterusnya sampai nanti 6bulan kemudian. Tapi mentok d masalah biaya, yang ingin saya tanyakan apakah akan bermasalah bila saya tidak meneruskan terapi tapi tetap menjalani pengobatan seperti suntik dan minum obat dari dokter? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl menurut saya terapi itu tidak harus dilakukan di rumah sakit,, seperti yang saya sebutkan diatas kita bisa melakukan terapi sendiri dirtumah,, yang penting rajin rutin dan nggak bosan-bosan untuk melakukan terapi di rumah. selamat mencoba dan semoga lekas sembuh ^_^

      Hapus
    2. Sy salah satu penderita dan skrg dah sembuh 90% lebih.. Blog dr D.D bener hebat
      Sy terapi gk perlu ke dokter.. Bs sendiri asal.. Lekeun.. Jng d biarkan..karena bs cepat di atasi... Sy bersedia bantu trapi gratis.. 081224794124

      Hapus
  6. Terimakasih sekali tips nya . Sy,34 taun, terkena bells palsy. Mengikuti tips ini kurang dr 3 minggu sy sudah sembuh, tanpa akupuntur dan fisioterapi. Terimakasih

    BalasHapus
  7. memang penyakit ini kesembuhannya agak lama. apabila ada perubahan mgkin cuma sedikit demi sedikit. insyaALLAH kalau sudah 2 minggu lebih perkembangannya akan mulai kelihatan. sekitar 3-4 minggu, tapi insyaAllah sembuh total. kl menurut saya, mending kamu pilih salah satu, mau lewat medis atau akupuntur dulu. misal menempuh jalan medis, nanti kalau tidak cocok baru ikut akupuntur.atau sebaliknya. krn hal tersebut dapat menghemat biaya.kl untuk tips kesembuhan sudah saya tulis diatas, diantaranya menguapi wajah dengan magic jar, dan mengompres bawah telinga dengan botol diisi air hangat (karena virus itu ada di bawah telinga) terima kasih sudah mampir di blog saya..semoga blog ini bisa membantu.. dan semoga lekas sembuh

    BalasHapus
  8. memang penyakit ini kesembuhannya agak lama. apabila ada perubahan mgkin cuma sedikit demi sedikit. insyaALLAH kalau sudah 2 minggu lebih perkembangannya akan mulai kelihatan. sekitar 3-4 minggu, tapi insyaAllah sembuh total. kl menurut saya, mending kamu pilih salah satu, mau lewat medis atau akupuntur dulu. misal menempuh jalan medis, nanti kalau tidak cocok baru ikut akupuntur.atau sebaliknya. krn hal tersebut dapat menghemat biaya.kl untuk tips kesembuhan sudah saya tulis diatas, diantaranya menguapi wajah dengan magic jar, dan mengompres bawah telinga dengan botol diisi air hangat (karena virus itu ada di bawah telinga) terima kasih sudah mampir di blog saya..semoga blog ini bisa membantu.. dan semoga lekas sembuh

    BalasHapus
  9. Wah sy juga sdh 3 hari kena bells palsy gan. Tdk bs mnum obat karena kemungkinan sedang hamil. Untuk kompres wajah sebaiknya dilakukan setelah brp hari ya gan? Dokter saraf saya krg komunikatif jadi informasinya krg jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl kompres di hari ke 3 juga gpp gan.. dlu dokter sy juga nggk ngasih tips. Dokter cuma ngasih resep aj. Tips sy dpt dr tmn2 di internet n dr tempat fisioterapi :) . Tp alhamdulillah tips itu bnyak manfaatnya.Selamat mncoba smoga lekas smbuh :)

      Hapus
  10. Pnyembuhannya kira2 berapa lama ya ? saya terkena bells palsy kira2 sudah 2mnggu.. Sudah ada pergerakan sedikit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata rata smbuh Sekitar 1 bulanan tp masa penyembuhannta beda beda juga. Bisa lbh cpt atau bsa lbh lama. Dlu sy 2 minggu juga baru ad prkmbangan sedikit. 3-4 minggu perkmbangannya dah bagus. Yg sabar y mb. Emg pnymbuhannya lana. Tp insyaALLah bisa pulih lgi spt sedia kala. Smg cpt smbuh ^-^

      Hapus
  11. Pnyembuhannya kira2 berapa lama ya ? saya terkena bells palsy kira2 sudah 2mnggu.. Sudah ada pergerakan sedikit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata ratavsmbuh Sekitar 1 bulanan tp masa penyembuhannta beda beda juga. Bisa lbh cpt atau bsa lbh lama. Dlu sy 2 minggu juga baru ad prkmbangan sedikit. 3-4 minggu perkmbangannya dah bagus. Yg sabar y mb. Emg pnymbuhannya lana. Tp insyaALLah bisa pulih lgi spt sedia kala. Smg cpt smbuh ^-^

      Hapus
  12. Berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari bisa juga kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mb. Berjemur dbwah sinar matahari pagi mmbuat badan hangat n nyaman. Juga mengandung vitamin d. Dlu ak juga gitu. Smg cpt smbuh ^-^

      Hapus
  13. Saya juga sedang menderita bell's palsy sudah 5hri ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg sabar mb. Emg penyakit ini masa pnymbuhannya agk lsma. Sekitar 1 bulanan.tp insyaaAllah bisa smbuh lgi spt sedia kala. Smg cpt smbuh ^-^

      Hapus
  14. Saya juga sedang menderita bell's palsy sudah 5hri ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. abar mb. Emg penyakit ini masa pnymbuhannya agk lsma. Sekitar 1 bulanan.tp insyaaAllah bisa smbuh lgi spt sedia kala. Smg cpt smbuh ^-^

      Hapus
  15. Sedikit info :
    Sepertinya sy terkena bp tetapi sy tidak tahu kalau saya beneran terkena bp atau tidak saya tidak pergi ke dokter krn saya takut dgn dokter hehe
    lalu saya browsing Dan saya mencoba penyembuhan dirumah dgn cara
    1. Sediakan botol plastik atau kaca yang permukaannya rata, isi dengan air panas Gelindingkan botol yang sudah terisi air panas secara lembut pada permukaan wajah sampai kebagian belakang telinga. Sy melakukan terapi ini 3-5 kali sehari
    2.Lakukan pemijatan pada bagian wajah. Gunakan minyak zaitun untuk memijat, tekhnik pemijatan bagian wajah dengan tiga jari yaitu telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Jangan asal-asalan dipijat lakukan pemijatan dari dalam keluar pada bagian wajah
    3. Selalu latih otot-otot wajah, cara sederhananya dengan mengunyah permen karet
    Alhamdulillah baru 3 hari melakukan terapi ini bibir saya yang turun sudah mulai normal walaupun perubahan nya sedikit tetapi sangat penting yang penting dari penyembuhan bp ini jangan pernah bosan melakukan penyembuhan insya ALLAH dgn berusaha dan bertawakal pasti segera sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih info n sharingnya. Smg lekas smbuh ya. Memang smbuhnya agk lma. Tp insyaAllah bisa smbuh spt sedia kala ^-^

      Hapus
  16. makasih info'a , saya terkena bells palsy sudah 2 hari , awal'a hanya sakit telinga bagian dalam , pas malamnya saya korekin telinga'a ternyata yg kluar smacam nanah tp g berbau , pas bangun tidur muka saya jd sedikit berubah, alhamdulillah nya perubahan hanya pada bibir bawah sebelah kiri , mata yg aga sulit d tutup , air matanya keluar terus , dan lubuang hidung sbelah kiri menyempit sedikit , .
    saya akan coba tips yg d atas , mudah2n bisa cepat pulih , karna dlm 2 hr ini saya baru minum obat dr dokter saja , dan belum mencoba k ahli terapi .
    makasih sharing nya , , 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb. Smg lekas smbuh ya. Memang smbuh nya agk lma sekitar 3-4 minggu. Tp insya Allah smbuh spt sedia kala. Jgn lupa rajin minum obat. Rajin terapi. Rajin berdoa. Semangat y mb ^-^

      Hapus
  17. makasih info'a , saya terkena bells palsy sudah 2 hari , awal'a hanya sakit telinga bagian dalam , pas malamnya saya korekin telinga'a ternyata yg kluar smacam nanah tp g berbau , pas bangun tidur muka saya jd sedikit berubah, alhamdulillah nya perubahan hanya pada bibir bawah sebelah kiri , mata yg aga sulit d tutup , air matanya keluar terus , dan lubuang hidung sbelah kiri menyempit sedikit , .
    saya akan coba tips yg d atas , mudah2n bisa cepat pulih , karna dlm 2 hr ini saya baru minum obat dr dokter saja , dan belum mencoba k ahli terapi .
    makasih sharing nya , , 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana keadaannya? Udh baikan? Sya jga kena belas spalsy pd tanggal 27 maret 216...muka sebelah kiriku gak bisa digerakin... mata nutup y cuman setengah sja... di sini gak ada dokter syaraf.

      Hapus
    2. @mbak rahayu : Iya mb. Smg lekas smbuh ya. Memang smbuh nya agk lma sekitar 3-4 minggu. Tp insya Allah smbuh spt sedia kala. Jgn lupa rajin minum obat. Rajin terapi. Rajin berdoa. Semangat y mb ^-^

      Hapus
    3. @mas saefudin : yg sabar y mas. Nggak ke dokter syaraf gpp. Ke dokter umum aj gpp kok. Yg pentg beikhtiar dan tawakal. Rajin terapi. Rajin minum obat. N tak lupa berdoa. Mgkin smbuhnya agak lama. Tp insyaAllah bsa balik lgi spt semula sekitar 3-4 minggu. Bisa lbh cpet bisa lbh lama. Tergantung tgkat keparahannya juga.rata2 3-4 minggu smbuh mas. Smg kmu cpt smbuh y. Pkoknya ttep semangat ^-^

      Hapus
  18. terima kasih atas infonya kakak, sangat bermanfaat. aku terkena BP sudah dar kamis minggu lalu baru priksa hari senin, dan mencoba tips dari kakak. Alhmdulliah ada perkembangan meskipun sedikit dalam jangka waktu 3 hari. tapi kak apa fisioterapi itu sangat perlu ? nanti takutnya salah pijat kalo coba d rumah sendiri ?
    mohon infonya kak, terima kasih.

    BalasHapus
  19. Aku uda kena bellspalsy udah 2 tahun apa masih bisa sembuh??

    BalasHapus
  20. Suami saya kena BP dr hari senin lalu.... langsung ke dokter... alhamdulillah sudah bisa minum pakai sedotan sudah g tumpah kl minum2.. matanya udah mulai bisa kedip :). Ijin share tips nya ya mb.

    BalasHapus
  21. Suami saya kena BP dr hari senin lalu.... langsung ke dokter... alhamdulillah sudah bisa minum pakai sedotan sudah g tumpah kl minum2.. matanya udah mulai bisa kedip :). Ijin share tips nya ya mb.

    BalasHapus
  22. Suami saya kena BP dari senin lalu hampir seminggu yg lalu. Langsung kw dokter.
    Alhamdulillah,.. sudah bisa minun pakai sedotan,.. kl minum g tumpah2... natanya sudah mulai bisa berkedip :)

    Ijin share tips nya ya kak ;)

    BalasHapus
  23. Saat ini jam 9pagi...istriku sdg menjalani terapi akupuntur di rs kustati solo..kena BP sdh 3hr..doakan yaa mbak dan teman2 semua..semoga anda semua sehat wal afiat..
    Dan trima kasih pd admin atas tipsnya..

    BalasHapus
  24. Terima kasih infonya mbak...saat ini saya sedang kena BP walaupun ringan tapi untuk tersenyum tertawa agak lucu soalnya cuma sebelah yg bergerak makan dan minumpun rasanya kok ganjil sekali kelihatannya mata juga kedipannya lambat,mudah mudahan info yg mbak tulis bisa buat pelajaran saya terima kasih..

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Saya kena BP sudah sekitar 5hari.. awal nya saklit di bwah kuping seperti bengkak trus lama2 mata ga bisa nutup dgn smpurna saya khwatir bingung knpa dan ada apa dengn saya.. setelah saya serching di google trnyata sya trkena BP sedih sekali rasa nya mana posisi saya sedang hamil 8bulan 2minggu mendekati persalinan rasa takut sering menyelimuti saya.. alhmdulilah suami saya selalu mndukung mmberikan suport untuk berjuang sembuh dan yakin sembuh suami yg selalu ngajak tertawa ingetin terapi sendiri di rmh.. doain ya semua mudah2han sya cpt smbuhh..yg sya rasakan sekrg sih wjah masih simetris cuma klo ngomong aja aga mencong dan ga bisa brkumur mati rasa sebelahh.. mudh2han lekas smbuuhh harus yakin bisa semangaaaaattttttt

    BalasHapus
  27. Saya terkena belpasiterasa takut.sekarang agak lega melihat info ini..terimakasih segala infonya..mohon doanya ya...semoga amal nya d balas allah swt.amin.

    BalasHapus
  28. Mlm .. sy sdh 2 minggu lebih terkena bp.. memang sdh ada perubahan sedikit2 .. cm kenapa mata sy berdekdut trs ya ?? Apa ini tanda2 kesembuhan? Mohon info nya ya

    BalasHapus
  29. setahun yang lalu saya kena BP. eh sekarang kok bisa kena lagi. Emang BP bisa berulang begitu ya. Sekarang sedang pengobatan dengan jalan medis dan akupuntur dan sudah berjalan 2 minggu. Muka masih belum normal

    BalasHapus
  30. Saya baru sekitar 3 hari terkena Bp... Karna mudim dingin..
    Saya posi2 dihk dan saya tidak tau dokter staraf disini tp wajah saya masih agak bisa digerakakn..
    Apajah bisa srmbuh kalau tidak kedikter tp rajin mengusap air hangat dan merapi sendiri...

    BalasHapus
  31. Saya baru sekitar 3 hari terkena Bp... Karna mudim dingin..
    Saya posi2 dihk dan saya tidak tau dokter staraf disini tp wajah saya masih agak bisa digerakakn..
    Apajah bisa srmbuh kalau tidak kedikter tp rajin mengusap air hangat dan merapi sendiri...

    BalasHapus
  32. Saya hampir sebulan ..tp blm sembuh padahal sudah kontrol trus ke spesialis fisioterapi di RSUD.. Dan saya jg sering senam wajah dan memijit wajah sya.. Lalu bagaimana ini

    BalasHapus
  33. Saya juga terkena bell palsy saat ini sudah sekitar 3 hari, insya kalo terus berusaha insya Allah sembuh, kita sama" Sling mendoakan yah :)

    BalasHapus
  34. Sdikit tips coba lakukan dengan berjemur menghadap ke matahari lakukan setiap hari dan berdoa.dengan berolah raga

    BalasHapus
  35. Terimakasih tipsnya, semoga bisa membantu pasien BP yang lain..

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum... Mba sy jga kena Bp awal april kemarin smpe skrg masih susah utk tersenyum, alis jga blm bisa dinaikkan yg sblh kiri, padahal sy sdh berobat di RS, terapi diluar jga tpi masih blm pulih jga mba... Apa mmg penyakit ini lama ya mba penyembuhanx... Sy smpe merasa kecil hati mba�� mohon doax ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn berkecil hati sy jg kurg lbh 6 bulan yg lalu terkena bp tp alhamdulillah sembuh meski ga 100% sabar aja mba.. krn itu akan pulih dengan sendiri nya sering2 di angetin aja muka nya mba

      Hapus
    2. Maksudx ga 100% mba....
      Iya mba makasih ya saranx..

      Hapus
    3. mbk dwei bagi no wa
      saya lgi tersersng juga

      Hapus
  37. halo min..
    saya 3 hari yang lalu terkena BP..
    Saya Sudah Ke dokter,dan sudah meminum obat...
    saya sedang melakukan tips yng mimin kasih,kompres,kunyah permen karet,air panas pakek botol dan urut juga..
    Kira2 bisa tidak ya,sembuh dalam 2 minggu..
    kalau ada tips penyembuhannya biar lebih cepat,mohon di info ya teman2..
    terimakasih..

    BalasHapus
  38. halo min..
    saya 3 hari yang lalu terkena BP..
    Saya Sudah Ke dokter,dan sudah meminum obat...
    saya sedang melakukan tips yng mimin kasih,kompres,kunyah permen karet,air panas pakek botol dan urut juga..
    Kira2 bisa tidak ya,sembuh dalam 2 minggu..
    kalau ada tips penyembuhannya biar lebih cepat,mohon di info ya teman2..
    terimakasih..

    BalasHapus
  39. saya sudah terkena bell's palsy hampir 2 minggu. saya rutin mengkonsumsi obat dari dokter, tapi saya tidak menjalani terapi sesuai anjuran dokter. Bagaimana yaa? apa penyembuhan akan semakin lama?

    BalasHapus
  40. Asslm... Thks infonya sgt betmanfaat. Sy jg ud jalan 9 hari kena BP, rutin mnum obt dari dr saraf tp blm jg ada perkembangan, blm pernah therapy krn anjuran dr nya abisin dl obtnya sampe 10 hr, tp blm ada perkembangan sdkt pun apa sy cb therapy aj...??

    BalasHapus
  41. Halo Min., Sy juga mengalami BP sdh 2minggu lbh, sy rajin minum obat dan ikut terapinya di RS,Sy terkena BP cuma dibagian kelopak mata saja yg dulunya hmpir tertutup rapat, tp skr sdh terbuka tp blum spenuhnya normal krn mata sy yg sblh kiri msh keliatan kcl, dan skr penglihatan sy malah gak jelas, klo sy melihat memakai kedua mata, penglihatan sy jd Ganda/ada dua., itu gmn ya?? Ada yg prnh ngalamin kyk gitu kah..??

    BalasHapus
  42. Halo Min., Sy juga mengalami BP sdh 2minggu lbh, sy rajin minum obat dan ikut terapinya di RS,Sy terkena BP cuma dibagian kelopak mata saja yg dulunya hmpir tertutup rapat, tp skr sdh terbuka tp blum spenuhnya normal krn mata sy yg sblh kiri msh keliatan kcl, dan skr penglihatan sy malah gak jelas, klo sy melihat memakai kedua mata, penglihatan sy jd Ganda/ada dua., itu gmn ya?? Ada yg prnh ngalamin kyk gitu kah..??

    BalasHapus
  43. Sy sdh kena BP sejak 2012 karena kecelakaan. Apakah msh ada kemungkinan sy bisa sembuh total?? c

    BalasHapus
  44. saya juga kena BP (wajah sebelah kiri)nih min. kayaknya penyebabnya karna jatuh dari motor. Beberapa tahun lalu saya pernah jatuh dr motor (jatuhnya sblh kiri) semenjak saat itu respon wajah sebelah kiri agak beda tp ga terlalu keliatan, makanya saya ga ambil pusing dan biasa aj.

    nah jumat lalu 24 nov 2017 saya jatuh lagi dr motor (jatuh sbelah kiri lagi) nah awalnya biasa aja, tp agak siangan ikit pas lg kumur-kumur air kluar padahal udah nutup mulut sampe ky gt saya blm sadar..nah malemnya ada kyak nyut nyutan di kepala bagian kiri...sampe 3 hari berikutnya kdutan di mata bagiann bawah, trus nyut-nyutan kadang sering timbul di bagiian kepala kiri. di hari ke-5 berasa nyeri di bagian dagu kiri, pipi kiri, sudut mata kiri.sekarang sy minum obat neurobion dan mulai praktekin pijat dan kompres pake air anget. Mohon suppport dan doany ya teman-teman. kita share-share disini, Inysa Allah sya akan update terus perubahnnya.

    BalasHapus
  45. Sy udah kena bp 2thn apa masih bisa sembuh.. Walaupun udah agak simetris tp kalau untuk senyum,nutup mata, ngangkat alis masih blm bisa.. Ada saran nggk?? Udah terapi kemana2, obat juga udah macam2 dicoba tp blm sembuh. Apa udah terlalu lama jd nggk bisa sembuh?? Minta sarannya yaa... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba direrapi aja gan....sapa tau masih bisa mendapatkan kesembuhan lagi...

      Hapus
  46. terimakasih infonya, semoga bermanfaat.. aminn

    BalasHapus
  47. Saya baru merasakan mata yang sebelah tidak bs berkedip dan alis sebelah tidak bisa dinaikkan serta bibir saya tidak bisa berbentuk huruf O sempurna bilang saya berbicara. Setiap berbicara bibir2 nya miring sebelah. Tetapi bentuk wajah saya tidak berubah. Apakah ni gejala BP?

    BalasHapus
  48. Sy sdh 3 hri trkena Bp.hnya di kasih vit dr dokter .. karna sy juga lg hmil ..rasa ketakutan stiap hri sy rasakan .. smpe bb trun .. trimksih untuk sarannya mbk.. aq coba yaaa

    BalasHapus
  49. Sy sdh 3 hri trkena Bp.hnya di kasih vit dr dokter .. karna sy juga lg hmil ..rasa ketakutan stiap hri sy rasakan .. smpe bb trun .. trimksih untuk sarannya mbk.. aq coba yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mbak? Bells palsinya udah baikan kah?

      Hapus
    2. Jgn takut mbak, harus positif thinkin. Coba lakukan kompres pada wajah yg skit dengan air hngat kuku....dan juga di pijat syarafnya...sy jg gt koq. Bedanya sy konsumsi neuro#ion dan ad teraphy berbasis bioenergy

      Hapus
  50. Saya sekarang juga kena bells palsy.....dihari pertama langsung saya periksakan ke dokter syaraf dan hanya di kasih obat. Tetapi tidak ada perubahan. Di hari kelima saya putuskan untuk ikut fisioterapi....meskipun anjuran dari dokter nunggu 10 hari dulu baru ikut fisioterapi. alhamdulillah sudah banyak mengalami perkembangan di hari yang ke 12 ini....

    BalasHapus
  51. Kalau saran seh....semakin cepat diterapi semakin cepat menujukkan hasil yang positif....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah boleh diurut jika terkena belspalsy ke tukang urut jadi trpahy ke rs dan urut

      Hapus
  52. Saya saat ini kena BP
    5hr mata udah bisa nutup walaupun pelan"
    Karna terapi sendiri di rumah
    Ga ke dokter sih karn hemat biaya.
    Buat akupuntur
    Kalo pijat syaraf apa boleh juga ya? ?

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Saya pernah mengalami BP sekarng sy sudah sembuh total, saat sakit saya baca salah satu anjuran dari rekan yg menulis artikel disini. Untuk lakukan kompres air hangat...sambil dipijat...yp saya juga konsumsi neuro*ion dan ikit diteraphy bio energy...dalam 2 minggu saya sembuh😀
    Terimakasih, tetap yakin dan semnagt teman2.

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Saya terkena BP udh 3 hari, belum ke dokter, kira2 biayanya brp ya,dan ada yg tau ngga dokter saraf daerah tangerang kota dmna? Teeima kasih

    BalasHapus
  57. Saya kena BP hampir 2 minggu, alhamdulillah sudah sembuh. Berkat info dari blog ini saya mengikuti terapi uap air panas setiap 3 kali sehari. Tapi yg paling utama yaitu berdoa minta kesembuhan pada Allah krn hanya atas izinnya kita bisa sembuh. Kalo kamu flu atau demam, obati dulu ya. Makanlah makanan yg sehat dan bergizi, hindari stres dan polusi udara terlebih lagi asap rokok. Hindari ac langsung mengenai wajah. Dan untuk tambahan vitamin minum neurobion forte yg pink itu loh. Selamat mencoba semoga lekas sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air panas sy masukan ke botol minum lalu sy uapkan ke bawah telinga sampai dagu, sy uapkan ke mata dan ke bibir. Setiap pagi saya juga berjemur matahari pagi antara jam 8-9 pagi. Hadapkan wajah ke matahari sambil tutup mata dan hadapkan leher ke matahari. Makan buah2an, pisang, mangga, jeruk, dll. Sayur2an, bayam, wortel, dll. Kurangi makanan pedas spt cabe, krn bibir bisa tambah tebal..hehe. berfikir positif dan selalu tersenyum. Banyak istrahat kalo bisa tidur siang. Bagi yg sibuk di kantor boleh ambil libur dulu untuk instrahat. Kurangi main HP, bila ada perlu saja pegang hp. Semoga lekas sembuh.

      Hapus