Rabu, 30 Desember 2015

Review, Sinopsis, Ringkasan Film Korea ilmare



Baru aja nonton film ilmare yang dibintangi oleh jun jihyun. Film ini sudah lawas sih. Kalau nggak salah tahun 2000. Tapi cukup menarik dan dikemas apik. Meski sempet agak bosan dikit. Tapi jalan ceritanya cukup tak terduga. Apalagi di bagian ending yang sedemikian rupa. Film ini bahkan diremake dalam versi holiwood dengan judul The Lake House pada tahun 2006. Dalam versi holiwood diperankan oleh sandra bullock dan keanu reeves.( tuh kan,, berarti film asia itu nggak kalah menarik, holiwood aja sampai bikin versinya  :) ) Film ini bercerita tentang rumah indah di tepi pantai yang diberi nama ilmare. Rumah ini dihuni oleh seorang pemuda bernama han seung hyun. Pemuda itu  mendapati surat yang ada di kotak surat depan rumahnya. Surat itu dari seorang gadis bernama kim eunjo,gadis yang sama sekali tidak dia kenal. Surat itu berisi bahwa ucapan natal dsn tahun baru. Gadis itu mengaku sebagai penghuni rumah sebelumnya. Dan dia sedang menunggu surat dari seseorang. Apabila datang surat itu dia memohon pada pemilik rumah yang baru untuk mengirimkan ke alamatnya sekarang. Dan anehnya surat itu tertanggal 21 desember tahun 1999. Padahal dia sendiri hidup di tahun 1997. Lalu dia bertanya pada pamannya. Apa ada penghuni rumah itu sebelumnya. Pamannya menjawab bahwa rumah itu baru selesai dibangun dan dia adalah penghuni pertama. Sementara itu eunjo yang mendapati surat di kotak surat ilmare dengan gembira. Ternyata itu adalah pemilik ilmare yang baru bernama han seung hyun.  Eunjo sendiri heran. Tadi dia baru saja jalan jalan di rumah itu dan masih belum berpenghuni. Dan aneh nya surat itu tertanggal 28 desember 1997. Surat itu  berisi bahwa mungkin eunjo salah alamat atau mungkin orang iseng. Dia meminta supaya eunjo menulis alamatnya dengan benar. Awalnya mereka berdua sama-sama tidak percaya. Apalagi Han seunghyun. tapi  ternyata apa yang dikatakan eunjo selalu benar. Sejak saat itu mereka sering berkirim surat melalui kotak surat ajaib itu. Meaki berbeda dimensi waktu. Mereka saling curhat. Eunjo curhat tentang pacarnya yang kuliah di luar negeri dan tidak memberi kabar. Sementara itu seunghyun curhat tentang hubunganya dengan ayahnya yang tidak begitu baik. Mereka saling mendukung dan memberi masukan. Melalui eunjo seunhhyun tahu betapa sesungguhnya ayah sangat sayang padanya. Ia bahkan sampai membuatkan rumah indah di tepi pantai. Yup, melalui eunjo, seunghyun baru tau kalau rumah ilmare itu adalah rancangan ayahnya. Bahkan mereka bertukar kado juga. Terkadang eunjo penasaran mengapa anjing semanis cola ditinggalkan begitu saja dirumah kosong itu. Seunghyun pun juga penasaran.
Sampai akhirnya seunghyun meminta untuk bertemu dengan eunjo. Eunjo sendiri menyetujuinya. Ia ingin bertemu di pulau jeju pada tanggal 11 maret 2000 sambil mengirimkan foto pantai indah disana dan mengatakan bahwa bila disana dibangun rumah pasti sangat indah. Eunjo  pun mengatakan bahwa dia hanya menunggu selama 2 minggu. Sementara seunghyun harus menunggu selama 2 tahun. Eunjo sudah tidak sabar menunggu. Dia bersepeda di pantai itu. Dia melihat sebuah rumah yang hendak di bangun di sana. Dia bertanya pada arsiteknya. Ternyata rumah itu dirancang oleh kakak kelasnya. Lalu dia menunggu di tepi pantai itu selama berjam jam. Tapi seunghyun tidak muncul juga. Dia kecewa. Ditambah lagi dia mengetahui bahwa pacarnya sudah akan menikah. Eunjo semakin patah hati. Dia meminta senghyun supaya mencegah pacarnya pergi.   Di  Kencan terakhirnya di morning kafe di youido pada tanggal 25 maret 1998. Senghyun bersedia membantunya dia mengatakan bahwa dulu eunjo mendoakan kebahagiaannya lalu dia menjawab bisa mengenalmu adalah kebahagiaanku, kini akan kuusahakan kebahagiaanmu . Dan mengirimkan gambar gambar arsitek rumah yang cantik. Di gambar itu tertulis dimana seunghyun kuliah. Lalu karena penasaran eunjo pergi ke kampus itu. Ternyata disana terdapat gambar rumah han senghyun. Kemudian sahabat senghyun mengatakan bahwa runah itu di rancang senghyun untuk kim eunjo. Dan dia meninggal karena kecelakaan ketika akan menyeberang di kawasan youido.  Eunjo teringat 2 tahun lalu saat ia berbicara dengan pacarnya di kafe morning kawasan youido. Disana seorang pemuda tertabrak mobil. Dia terbaring lemah di jalan dengan kepala berlumuran darah. Eunjk merasa dia seakan akam menatap eunjo yang ada di dalam kafe dan mengarahkan tangannya kepadanya sebelum akhirnya ia tidak sadarkan diri. Eunjo tersadar bahwa itulah kenapa senghyun tidak menemuinya di pulau jeju,mengapa ia menemukan cola sendirian di ilmare. seunghyun meninggal karena berusaha untuk kebahagiaannya. Hal yang menarik adalah endingnya yg cukup mengharukan. Nggak nyangka banget bisa kayak gitu. Film ini cukup irit pemain. Banyak scene yg hanya menggunakan satu pemain, seperti saat kim eun jo sedang membaca surat dari seung han atau sebaliknya seung han sedang membaca surat dari eun jo.
Eunjo langsung bergegas menuju ilmare. Dia harus mengirim surat melalui kotak itu. Dia harus mencegah seunghyun supaya jangan pergi. Dia menunggui kotak surat itu sambil menangis. Dan alur kembali flashback ke 2 tahun lalu. Hari dimana senghyun terbaring lemah. Waktu seakan berjalan mundur. Dan.... silahkan liat sendiri ending nya di film ilmare.

ini dia penampakan rumah indah ilmare
kim eunjo hendak pindah ke apartement
kim eunjo meninggalkan surat di kotak surat ilmare sebelum pindah
han seunnghyun hendak memasang nama rumah itu
han seunghyun memberi nama rumah itu il mare

han seunghyun sedang menelepon bibinya
han seunghyun menemukan surat dari kim eunjo






han seunghyun heran karena surat itu tertanggal 21 desember 1999
han seunghyun dan kim eunjo berkirim surat dari 2 dimensi yang berbeda











Film ini bercerita tentang orang yang kesepian. bahkan bisa dibilang film ini irit pemain, betapa tidak, scene yang sering muncul adalah scene jetika han seunghyun atau kim eunjo sendirian baik dirumah, dijalan ataupun dimana saja. Karena kebanyakan dialog adalah ketika eunjo membaca surat seunghyun atau seunghyun membaca surat eunjo. Namun film ini dikemas dengan apik, selain bintangnya yang memang diatas rata-rata, lee jung jae dan jun jihyun tidak usah diragukan aktingnya. Dan kata-kata dalam film ini cukup puitis. Dan film ini aman untuk dikonsumsi semua umur,, karena tidak ada adegan ehem ehemnya,,kan mereka beda waktu. Namun meski begitu jalan ceritanya termasuk unik dan menarik ^-^

Quote dari film ini :

# bisa mengenalmu adalah kebahagiaanku, kini akan kuusahakan kebahagiaanmu # han seunghyun # ilmare kmovie
#Kita menderita karena cinta masih tersisa.. bukan karena hilang selamanya # kim eunjoo # ilmare kmovie
#Lebih baik mencintai lalu kehilangan dari pada tidak pernah mengenal cinta # han seunghyun # ilmare kmovie
#Cinta datang dengan berbagai cara,dibalik itu semua aku percaya adanya cinta yang utuh # kim eunjo # ilmare kmovie


Tidak ada komentar:

Posting Komentar